Jumat, 06 November 2020

SOFTWARE UNTUK ANAK TEKNIK SIPIL & ARSITEKTUR

0

        Jika kamu merasa bahwa kamu adalah mahasiswa atau anak teknik khususnya sipil dan arsitektur tentunya merasa bahwa akan ada banyak persaingan dan tuntutan profesi setelah lulus kuliah nantinya. Maka dengan itu bermodalkan bisa menghitung anggaran biaya dan pinter analisa pekerjaan terkadang tak cukup membantu persaingan.

         Baiknya kita sadari betul dengan berkembangnya zaman maka kita pula harus lebih giat menemukan serta belajar aplikasi penunjang yang akan menaikkan persaingan dan perbedaan dengan yang lain tentunya. Adapun aplikasi-aplikasi yang perlu kalian pelajari agar mudah mendapatkan pekerjaan dan membuat diri kalian makin percaya diri adalah sebagai berikut :


    1. AutoCAD

         AutoCAD merupakan software yang paling banyak digunakan dikalangan mahasiswa teknik sipil dan arsitektur. Bahkan AutoCAD masih terus dipakai sampai tahap dunia pekerjaan. Software ini bisa membantu kamu menggambar gambar kerja 2D dan gambar perspektif 3D. Jika ingin bekerja dikontruksi makan kamu wajib menguasainya.


    2. AutoCAD Civil 3D

        AutoCAD Civil 3D ini ialah pengembangan dari AutoCAD yang merupakan terbitan dari AutoDesk. Tapi untuk fungsi pekerjaan yang diterapkan pada pekerjaan jalan dan bangunan air baiknnya menggunakan AutoCAD Civil 3D ini. Karena tampilan dan hasil yang dikerjakan sangat baik.


    3. SAP 2000

        Jika kamu anak teknik sipil khususnya konsentrasi bangunan gedung, tentunya kamu wajib menggunakan aplikasi SAP 2000 ini. Fungsinya sebagai menganalisis struktur bangunan mulai dari kebutuhan material dan desainnya.


    4. ETabs

        Selain kamu wajib menguasai SAP 2000, kamu juga wajib belajar dan menguasai software ETabs. Fungsi keduanya hampir sama cuam dalam hal menginput data saja sedikit berbeda.

   
    5. SketchUp

        Aplikasi ini banyak digunakan untuk menampilkan tampilan persentasi suatu pekerjaan agar mudah dipahami. Biasanya banyak digunakan untuk membuat konstruksi gedung dan rumah sederhana.


    6. 3D Max

        Software ini memiliki fungsi membuat animasi dari 3D yang sangat baik. Jika kamu ingin membuat desainmu seolah-olah hidup atau bergerak disarankan menggunakan aplikasi ini.


    7. Plaxis

        Aplikasi ini banyak digunakan bagi anak teknik khususnya bidang geoteknik. Fungsi dari aplikasi ini ialah kamu bisa mendapatkan data mengenai stabilitas dari lereng lokasi kamu kerja, untuk mencegah longsor dan juga berbagai runtuhan lainnya.


    8. HEC-RAS

        Apabila ingin mendesain bangunan air seperti bendung atau waduk baiknya menggunakan aplikasi ini. Hal ini disebabkan karena aplikasi ini mampu menganalisis aliran air. Aplikasi ini diciptakan oleh U.S Army Corps of Engineers (USACE).


    9. Global Mapper

         Fungsi dari Global Mapper ialah membantu dalam kamu membuat pemetaan bidang yang kamu perlukan. Serta sangat membantu menentukan luasan daerah aliran sungai sampai perkiraan debit aliran sungai suatu wilayah.


     10. STAAD.Pro

        Selain aplikasi SAP 2000 dan ETabs, aplikasi STAAD.Pro juga banyak digunakan dalam menganalisis data untuk ketahanan gedung dan juga menghindari kesalahan serta kerusakan utama dalam pekerjaan kontruksi.



Author Image

About Dunia Teknik Sipil dan Arsitektur
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar