Rabu, 19 Agustus 2020

CIRI-CIRI RUMAH SEHAT

0

         Apa yang teman-teman fikirkan pertama kali membaca atau mendengar kata "rumah", mungkin bisa jadi istanaku, mungkin juga sumber kebahagiaan atau mungkin juga rumahku bagai kapal pecah? Apa pun itu intinya wajib dari kita bersyukur dengan apa yang kita miliki. Meskipun terkadang rumah yang jadi sumber kebahagiaan kita itu belum tentu sehat atau dalam masuk dalam katagori bersih.

        Tentu saja dengan rumah bersih dan lingkungan sekitar yang bersih kita justru terjaga kesehatannya. Bukan hanya berharap dari asupan makanan yang kita makan atau dengan rutinnya olahraga yang kita lakukan. Lantas bagaimana kita mengetahui rumah hunian kita termasuk kategori sehat, berikut ciri-cirinya:

1. Rumah yang Bersih

        Ciri rumah yang sehat tentunya rumah tersebut bersih dengan dinding tidak berjamur, warna rumah tidak redup dan lantai bersih tanpa adanya kotoran dapat menyebabkan penyakit malaria, demam berdarah maupun hepatitis.

 

2. Cukupnya Ventilasi Udara

        Semua makhluk hidup wajib dan sangat membutuhkan udara, tanpa adanya udara kita tidak akan bertahan lama, untuk itu ketika hendak membangun rumah wajib diketahui syarat minimum ventelasi dan jendela rumah adalah 10% dari pada luas lantai bangunan tersebut. Dengan itu maka pasukan oksigen atau udara dirumah kita akan tetap terjaga dan akan mengurangi hawa panas didalam rumah.

 

3. Tersedianya tempat Sampah

        Salah satu ciri yang tidak baik dari manusia adalah suka membuang sampah sembarangan, dan hal tersebut juga terkadang sering dilakukan dirumah sendiri. Sebab itu ciri rumah sehat ada baiknya menyediakan tempat sampah khusus (sampah oganik dan anorganik) yang ditempatkan sesuai kebutuhannya masing-masing.

 

4.  Bebas dari Serangga Parasit

         Coba anda bayanglan hidup bersama dengan serangga parasit bersama dirumah, baik itu semuat, kecoa maupun nyamuk. Kehadiran mereka memang sangat menggangu suasana rumah. Ada baiknya jika sudah ada hewan tersebut dirumah anda, anda harus segera memeriksa kelembaban rumah anda, serta bauk amis dan kotor. Karna itu akan menjadi sarang hewan-hewan tersebut. Jangan pernah membiarkan genangan air diarea sekitar rumah anda. 


5. Memiliki Halaman atau Tanaman Hijau

          Jangan bingung bagi teman-teman jika tidak memiliki halaman yg luas diarea rumah, halaman itu bisa jadi tanaman hijau seperti bunga-bunga atau rumput pada halaman perkarangan rumah. Apabila ada halaman yang cukup, baiknya menanam pohon yang rindang dikarenakan warna hijau dapat membuat mood dan suasana hati lebih segar dan nyaman.


6. Dinding Anti Lembab dan Kokoh
 
         Ciri lain dari rumah sehat ialah rumah tersebut memiliki dinding yang tidak lembab dan kokoh. Dinding yang tidak kokoh dapat menyebabkan keretakan pada dinding yang nantinya akan menjadi rumah bagi rayap, jamur atau kotoran lainnya. Perhatikan betul tempias dari air hujan agar tidak terlalu mengenai dinding rumah yang nantinya berimbas menjadi dinding yang lembab, biasakan membersihkan dinding sebulan sekali.
 
 
7. Dapur dan Peralatan Rumah yang Bersih

       
Nah ini sering kita jumpai dirumah kita sendiri, cek kembali apakah dapur dan peralatan dirumah kita bersih atau tidak. Karena semua alat dapur akan sangat mempengaruhi indra kita ketika makan. Maka baiknya ketika selesai masak bersihkan semua peralatannya, jangan menunda-nunda bisa saja bakteri dan kuman langsung berkembang biak. 
 
8. Tersedianya Air Bersih

        
Selain dapur bersih dan halaman yang hijau, rumah kita tidak akan sehat tanpa sumber air yang sehat pula. Air merupakan sumber terpenting dalam hidup yang setiap saat kita memerlukannya. Jadi jangan lupa carikan atau buatkan sumber air yang sehat dan bersih untuk kebutuhan rumah kita.

 
9. Rumah Bebas Tikus

       
Bukan hanya semut dan kecoa saja yang menjadi hewan penggangu yang menyusahkan dirumah kita, tikus juga salah satu nya bahkan tikus merupakan hewan yang paling banyak membawa sumber penyakit kedalam rumah. Cek seluruh area rumah, hindari tumpukan sampah dan bersihkan selalu rumah anda.
 


Author Image

About Dunia Teknik Sipil dan Arsitektur
Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

Tidak ada komentar:

Posting Komentar